Agar Warga Terlayani dengan Baik,Erzaldi Minta SIM RS Terintegrasi

oleh

UNTUK memastikan masyarakat mendapat pelayanan terbaik, Gubernur Erzaldi melakukan sidak langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (4/5/2021).

Dikatakannya hal tersebut dilakukan karena adanya laporan dan keluhan dari masyarakat. Jadi tanpa menunggu lama, orang nomor satu di Babel ini pun langsung memeriksa pelayanan rumah sakit, mulai dari ruang pendaftaran pasien yang terletak di sebelah kanan lobi utama rumah sakit.

Di ruang tersebut, gubernur meminta petugas untuk menunjukkan prosedur pendaftaran pasien menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS). Masih di ruang yang sama, gubernur meminta agar ruangan ditata rapi dan bersih. Dalam melakukan tugasnya, petugas menggunakan SOP.

Baca Juga: Revisi Perda 2020, Babel Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar Prokes

Didampingi Direktur RSUD, Dr Armayani, Gubernur Erzaldi lanjut meninjau Ruang JKS. Di ruang tersebut Gubernur Erzaldi tegas memerintahkan agar SIM RS terintegrasi secara online mengingat pelayanan di ruang tersebut masih ada yang manual.

“Aplikasi sudah ada, hanya komitmen pelayanan yang belum maksimal. Saya minta SIM RS segera terintegrasi antar bagian sehingga pasien bisa dengan cepat memperoleh pelayanan maupun tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga medis,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Tidak sampai di situ, gubernur meminta agar direktur beserta jajarannya membuat MoU terkait penggunaan SIM RS dengan RSUD di kabupaten/kota. Sehingga pasien rujukan dapat memperoleh pelayanan lebih cepat.

Baca Juga: Pacu Ekspor Jahe Merah, Gubernur Babel Siapkan Demplot

Dikatakannya, dukungan teknologi ini sangat dibutuhkan. Melalui SIM RS, data akan terintegrasi sehingga memudahkan proses administrasi serta pengelolaan data lainnya menjadi lebih mudah dan efisien.

Memasuki ruang radiologi, Gubernur Erzaldi menanyakan ketersediaan alat seperti CT Scan dan sebagainya. Begitu pun mengenai operator alat kesehatan, dirinya meminta agar RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno memiliki petugas yang mumpuni dalam mengoperasikan alat kesehatan yang dimaksud.

Melanjutkan kunjungannya, Gubernur Erzaldi mengunjungi Depo Farmasi. Di ruang tersebut, gubernur beserta Direktur RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno berdiskusi mengenai beberapa kendala terkait sistem pelaporan keluar masuknya obat-obatan maupun bahan-bahan lain untuk keperluan tindakan medis.

Selama kunjungannya, Gubernur Erzaldi memperhatikan secara detail mengenai infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno. Tak segan dirinya memberikan teguran langsung kepada petugas yang tidak menjalankan SOP pelayanan dengan benar.

“Saya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas. Jadi berikan pelayanan yang terbaik, pasien yang datang menaruh harapan kepada kita agar segera sembuh. Itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita,” ucapnya lagi saat berbicara dengan petugas di tempat pendaftaran pasien.

Usai berkunjung ke unit-unit pelayanan di RSUD Dr. (H.C.) Ir. Soekarno tersebut, gubernur juga menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan direktur beserta jajarannya. Di sini, Gubernur Erzaldi meminta seluruh pelayan berkomitmen menjalankan SIM RS agar pelaksanaan berbagai tugas akan lebih cepat ditangani dan lebih efisien.

“Jadi tidak ada alasan bagi kita yang ingin bekerja lebih baik, untuk tidak menerima aplikasi SIM RS ini,” pungkasnya. (RO/OL-10)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *