Ada Kasus Kerumunan, PSSI Tetap Lanjutkan Persiapan Liga 1

oleh

PERSATUAN Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tetap melanjutkan rencana persiapan menggelar kompetisi Liga 1 2021 mulai 3 Juli mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, menyusul kasus kerumunan suporter di Jakarta dan Bandung setelah laga final Piala Menpora 2021.

“Kami tetap pada rencana semula. Kami akan ajukan izin Liga 1 dan Liga 2. Seperti kata Menpora, bedakan Piala Menpora dan kejadian tanggal 26 (April). Kasihan suporter yang sudah tertib dan tidak datang ke stadion,” ujar Iriawan seusai rapat koordinasi evaluasi Piala Menpora, Selasa (27/4).

Baca juga: The Jakmania Minta Maaf Atas Pawai Kemenangan Persija

Dalam rapat itu, hadir pula Menpora Zainudin Amali, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto, Direktur Utama dan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Satgas Covid-19, serta perwakilan dari Persija Jakarta.

Diketahui, terjadi kerumunan suporter di sejumlah wilayah Jakarta untuk merayakan kemenangan Persija dalam Piala Menpora pada Minggu (25/4) malam. Sementara di Bandung, oknum suporter Persib melempari Graha Persib dengan batu dan flare, serta melakukan aksi sweeping kendaraan berplat B atau Jakarta.

Ulah oknum suporter Persija dan Persib ini dikhawatirkan memengaruhi penerbitan izin kompetisi Liga 1 2021, yang rencananya bergulir mulai 3 Juli. Saat ini, PSSI bersama PT LIB sudah berkoordinasi dengan Kemenpora dan mengajukan permohonan izin kepada Asops Kapolri. 

Baca juga: Persija Juara Kado Ulangtahun Sudirman

Iriawan menyebut kompetisi sangat penting untuk pembinaan sepak bola Indonesia. Dia mencontohkan, setelah mati suri selama setahun sebelumnya, banyak pemain yang mengalami penurunan performa.

Adapun, Menpora Zainudin menegaskan bahwa Piala Menpora berjalan lancar dari awal pembukaan hingga penutupan. Turnamen pramusim tersebut melakukan disiplin protokol kesehatan dengan baik.

Baca juga: PSSI Sampaikan Maaf Atas Aksi Suporter Persija dan Persib

“Tentang kejadian yang muncul setelah turnamen pramusim Piala Menpora ditutup, baik di Jakarta dan di Bandung, sekarang ini sedang ditangani Polri. Apabila ditemukan unsur yang melanggar hukum, tentu Polri akan melakukan penegakan,” pungkas Zainudin.

Hal senada juga disampaikan Asops Polri, yang menilai kompetisi berlangsung lancar dan tepat waktu. Menurutnya, kasus suporter bisa dijadikan pertimbangan untuk mengeluarkan izin Liga 1 2021. Namun, pihaknya tengah menunggu laporan Satgas Covid-19.

“Itu bisa jadi bahan pertimbangan nanti dalam penyelenggaraan kompetisi. Rekomendasi dari Satgas Covid-19 juga jadi kelengkapan dalam pengeluaran izin event berikutnya,” tutur Imam.(OL-11)

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *