Ada Kapal Iran yang Menuju Venezuela, AS Prihatin

oleh

MENTERI Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin, Kamis (10/6), mengatakan dia prihatin dengan kehadiran dua kapal Iran di Samudera Atlantik yang dilaporkan membawa senjata menuju Venezuela

“Saya benar-benar prihatin dengan proliferasi senjata, jenis senjata apa pun, di lingkungan kami,” kata Austin menanggapi pertanyaan seorang senator AS selama sidang Kongres.

Ketika ditanya oleh Senator Demokrat Richard Blumenthal, apakah pemerintah tahu persis apa yang ada di kapal-kapal Iran itu, Austin menjawabnya dengan hati-hati.

Baca juga: Warga Palestina di Sheikh Jarrah Terancam Diusir dari Rumah

“Saya ingin melakukan percakapan itu, baik sebagai pertanyaan untuk dicatat, atau saya dapat melakukan percakapan itu di forum lain,” kata kepala Pentagon itu.

Blumenthal mengatakan kapal-kapal itu, Makran dan Sahand, dianggap membawa senjata yang akan memenuhi kesepakatan yang dibuat Iran dan Venezuela setahun lalu.

“Kami tidak tahu jenis senjatanya, setidaknya sejauh yang saya tahu,” katanya.  

“Ada laporan bahwa Venezuela sedang mempertimbangkan untuk membeli rudal dari Iran, termasuk rudal jarak jauh,” tambahnya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan bahwa mereka siap untuk memberikan sanksi.

“Jika ini adalah upaya untuk mentransfer senjata atau melanggar kewajiban internasionalnya, kami akan siap untuk menanggapinya.” (AFP/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *