100 Hari Kerja Jenderal Listyo Sigit Diapresiasi  

oleh

WAKIL Ketua DPR RI Sufmi Dasco Achmad mengapresiasi semangat perubahan yang ditawarkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam 100 hari memimpin Korps Bhayangkara. Catatan yang menonjol berupa pemaksimalan penggunaan teknologi.

Misalnya virtual police yang telah memberikan peringatan atau teguran kepada 419 konten di media sosial yang dinilai melakukan pelanggaran UU ITE. Menurut Dasco, 100 hari kepemimpinan Listyo Sigit telah menunjukkan transformasi kepolisian yang lebih maju dan modern, dengan memaksimalkan penggunaan teknologi. 

“Ini adalah upaya Pak Kapolri Listyo Sigit menggunakan teknologi untuk melayani dan melindungi masyarakat. Dimulai dengan adanya virtual police di bawah Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi yang dengan sigap telah memberikan peringatan pada 419 konten medsos yang berpotensi melanggar UU ITE,” kata Dasco dalam keterangannya, Sabtu (8/5).

Sebagai pimpinan DPR RI, ia sangat mengapresiasi semangat perubahan dan terobosan yang ditawarkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mewujudkan institusi Polri di era 4.0 yang yang lebih humanis dan berkeadilan sesuai dengan program dalam konsep Presisi.

Pemanfaatan teknologi menurutnya, tidak hanya dilakukan dalam virtual police, namun juga dalam pelayanan masyarakat, seperti peluncuran SIM online, tilang online, hingga pengaduan online. “Ini menunjukkan Polri yang transformatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman,” urainya.

Baca juga : Perihal Suap Penyidik KPK, Azis Syamsuddin Siapkan Pengacara

Masih menurut Politisi Gerindra itu, Kapolri dalam hasil survei dari berbagai lembaga, juga menunjukan adanya peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan polri, sebanyak 84,2%. 

“Salah satu indikasi suksesnya Kapolri dalam melakukan reformasi birokrasi di internal kepolisian dengan melakukan penegakan hukum yang lebih humanis juga merupakan capaian luar biasa,” tandasnya.

Kemudian soal penanganan pandemi Covid-19, Ia menilai, institusi Polri adalah salah satu institusi yang menjadi garda terdepan dalam mensukseskan program pemerintah dalam menekan laju penularan virus di Indonesia, baik itu program PPKM Berskala Mikro, Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan juga secara khusus, termasuk program pengendalian COVID-19 di masyarakat pada masa libur hari raya dan libur nasional lainnya.

“Kami di DPR RI berkomitmen akan menjadi mitra strategis bagi Polri dan dengan kapasitas serta kemampuan yang dimiliki oleh Kapolri beserta jajarannya, saya optimis visi Presisi yang ditawarkan oleh Kapolri itu dapat terwujud dan menjadikan institusi kepolisian yang demokratis (Democratic Policing),” pungkasnya. (OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *